Home » » Organisasi Dan Arsitektur Komputer - Memory

Organisasi Dan Arsitektur Komputer - Memory

Written By Unknown on Sabtu, 18 April 2015 | 19.05


Memory

Pada kali ini saya akan menuliskan sedikit beberapa pengertian memory berdasarkan jenisnya, karakterisitiknya, dan access memory. Nah langsung saja .....
Memory, apa itu pengertian dari memory secara mendasar adalah tempat penyimpanan data yang berada di dalam komputer. Bagaimana data di proses dalam memori yaitu melalui intruksi dari CPU (dikirim sebagai control signal untuk di read and write) kemudian inruksi lainnya dikirim dalam bentuk bahasa mesin melewati jalur daya uanng akan diartikan oleh controller peripheral.

Dan bagaimana pula sebuah program dijalankan, pertama user program dalam bentuk intruksi akan di load dari storage ke memory (semia diatur oleh sistem operasi) Sedangkan apa itu sistem operasi, sistem operasi adalah perantara antara hardware dan user.

Memory terbagi menjadi dua macam yaitu Internal Memory dan External memory.

Untuk lebih jelasnya Internal Memory adalah memory yang terikat erat dengan berfungsinya arsitektur dan organisasi sistem YBS. Contoh dari Internal Memory adalah RAM,ROM,register.



Sedangakan pengertian dari External Memory adalah memory yang tidak terikiat erat dengan berfungsinya arsitektur dan organisasi sistem ybs, lebih berfungsi sebagai tempat penyimpanan permanen. Contoh dari External Memory adalah Hardisk,flashdisk,floopy,CD,DVD,Tape(pita)
Hardisk

Floopy

Flashdisk

CD DVD

Tape(Pita)


Memory berdasarkan jenis bahannya
1.                  Semikonduktor (cth. ROM,solid state device,register,cache)
2.                  Lapisan Induktif magnetik (cth. Hardsik,tape/pita)
3.                  Lapisan Optik terukir (cth. CD,DVD)


 Memori berdasarkan karakteristik bahan
1.                  Seberapa besar kemungkinan rusaknya data.
2.                  Gampang atau tidaknya dipindahkan.
3.                  Bisa dihapus atau tidak (erasable).
4.                  Membutuhkan daya atau tidak untuk menyimpan data.

Bagaimana sebuah data disimpan


Dihubungkan dengan jalur bus (Adress Line, Data Bus Line, dan Control Bus Line) Semua disimpan di memory dalam bentuk biner.

1. Lebar jalur alamat → mempengaruhi jumlah runag yang dapat dialamati (Adress Line)
2. Ukuran maksimal word sama dengan lebar jalur data (Data Bus), tetapi bisa juga lebih kecil dalam bentuk pembagian basis dua dari lebar jalur data. Jika ukuran word lebih kecil transfer dilakukan dalam beberapa word disebut block.

Tiap bagian komponen secara fisik digunakan untuk menyimpan 1 bit sara pada sebuah memory yang siebut dengan memory cell.

Karakteristik penyimpanan data
1.        Lokasi → CPU(ada buffer), Cache (L1,L2,L3), RAM, Ext Hardisk, Flashdisk.
2.        Kapasitas → (Word)
3.        Unit Of  Transfer → (Internal, eksternal, adressable unit)
4.        Metode akses

  • 1. Sequiental → Sesuai data urutan, Cth. pita magnetik
  • 2. Direct → Langsung, Cth. Flashdisk
  • 3. Random → Setiap alamat menunjukkan ke lokasi word yang pasti. Waktu akses tidak tergantung dari letak data dan pointer terakhir Cth.RAM
  • 4. Associate → Pencarian lokasi data didasarkan pada perbandigan sebagai isi datanya.

Mengukur Performa sebuah memory

  1. Access Time → Waktu yang dibutuhkan untuk mencari lokasi data dan mengambil data
  2. Memory Cycle Time →Memory untuk “recover” sebelum akses berikutnya (Cycle Time = access time + recovery time)
  3.  Transfer rate → Kecepatan perpindahan data ke hardware

Urutan Sebuah Memory dari paling lambat ke paling cepat
1.   Tape → (karena menggunakkan metode sequiental)
2.   Optical devices → (tergantung putaran)
3.   Disk devices
4.   Disk cache misal di hardisk → (semakin besar cache semakin besar data rate)
5.   SSD → (Penyimpanan Blok)
6.   Main Memory RAM
7.   L2 Cache L3 Cache dst
8.   L1 Chace
9.   Register

CACHE MEMORY


Cache berasal dari kata cash dari istilah tersebut cache adalah tempat menyembunyikan atau tempat menyimpan sementara jadi secara pengertian Cache Memory, Cache adalah memori berukuran kecil yang sifatnya temporary(sementara). Walaupun ukurannya sangat kecil, namun kecepatannya sangat tinggi. Cache Memory terletak antara register dan memory utama sehingga pemrosesan data tidak langsung mengacu pada memori utama. Penggunaan Cache Memory ditujukan untuk meminimalisir terjadinya bottleneck dalam aliran data antara processor dan RAM.

Letak Cache Memory

  • 1. Level 1 cache memory(L1) terintegrasi dengan chip prosesor → letak Level 1 cache memory sudah menyatu dengan chip prosesor (berada di dalam keping prosesor).
  • 2. Letak L2 cache, ada yang menyatu dengan chip prosesor, ada pula yang terletak di luar chip prosesor, yaitu di motherboard dekat dengan posisi dudukan prosesor
  • 3. Letak L3 cache belum diimplementasikan secara umum pada semua jenis prosesor. Hanya prosesor-prosesor tertentu yang memiliki L3 cache.

Kecepatan Cache Memory
  • 1.   Transfer data dari L1 cache ke prosesor terjadi paling cepat dibandingkan L2 cache maupun L3 cache (bila ada). Kecepatannya mendekati kecepatan register. L1 cache ini dikunci pada kecepatan yang sama pada prosesor.
  • 2.   Transfer data tercepat kedua setelah L1 cache adalah L2 cache. Prosesor dapat mengambil data dari cache L2 yang terintegrasi (on-chip) lebih cepat dari pada cache L2 yang tidak terintegrasi.

Prioritas penyimpanan dan pengambilan data
Penyimpanan pada Cache Memory, dalam mekanisme kerjanya data yang akan diproses oleh prosesor, pertama kali dicari di L1 cache, bila tidak ada maka akan diambil dari L2 cache, kemudian dicari di L3 cache (bila ada). Jika tetap tidak ada, maka akan dicari di memori utama. Pengambilan data di L2 cache hanya dilakukan bila di L1 cahe tidak ada.  Secara logika, kapasitas cache memory yang lebih besar dapat membantu memperbaiki kinerja prosesor, setidak-tidaknya mempersingkat waktu yang diperlukan dalam proses mengakses data.

Berikut tadi sedikit tulisan saya semoga dapat menembah pengetahuan :)



Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

MY SCHOOL

STIMIK AMIKOM Yogyakarta
 

Copyright © 2015. Hobiku Bisnisku Juga - All Rights Reserved

Powered by Blogger