Home » » Karya Tulis Memulai Bisnis Berdasarkan Hobby

Karya Tulis Memulai Bisnis Berdasarkan Hobby

Written By Unknown on Senin, 02 Maret 2015 | 08.14



Karya Ilmiah

Memulai Bisnis Berdasarkan Hobi




UNTUK MEMENUHI TUGAS AKHIR

MATA KULIAH LINGKUNGAN BISNIS
.












OLEH :


NAMA                 : RANGGA WAHYU PRATAMA

NOMOR              : 14.11.8139

PROGRAM         : STRATA – 1

JURUSAN           : TI

KELOMPOK       : I





STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

2015


1.    Abstrak

Saat ini saya Kuliah di STMIK Amikom Yogyakarta yang belum lama ini dipilih UNESCO sebagai salah satu Private Entrepreneur University. Apa maksud dari Private entrepreneur University ? Saya baru mengetahui apa itu enterpreneurship dan mengapa amikom sendiri dijuluki enterpreneur campus. Bisa dibilang enterpreneur adalah kemampuan dan kemauan nyata seorang individu, yang berasal dari diri mereka sendiri, dalam tim di dalam maupun luar organisasi yang ada, untuk menemukan dan menciptakan peluang ekonomi baru. Bisa dibilang STMIK Amikom itu kampusnya para pebisnis muda dengan jiwa enterpreneur. Begitulah yang saya dengar, dan satu impian saya menjadi pebisnis muda dengan jiwa enterpreneur.

Peluang usaha adalah sebuah ruang lingkup kehidupan yang sangat erat berkaitan, setiap detik,menit manusia melakukan usaha, walaupun semua usaha bukan hanya berbisnis dengan rupiah, bergelut dengan kreasi yang independent dan mandiri .
Bisnis merupakan suatu pekerjaan yang lama dan harus mencintai kegiatan bisnis tersebut dan bukanlah sebuah kegiatan yang hanya cuma ikut-ikutan dengan orang lain demi mengikuti suatu trend dan gaya hidup semata, tetapi untuk bisnis dan pengertian bisnis itu sendiri adalah serangkaian usaha yang dilakukan 1 orang (individu) atau kelompok dengan menawarkan barang dan jasa mereka untuk mendapatkan keuntungan atau laba dan dimana setiap pengusaha harus siap untung dan siap rugi.

Awal Semester 2 ini saya mendapatkan kuliah umum mengenai Lingkungan bisnis, bahwa dalam berbisnis kita harus mengenal berbagai lingkunga. Berikut beberapa lingkungan yang ada sangkut pautnya dengan bisnis yaitu Lingkungan Pendidikan, Lingkungan Hukum, Lingkungan Teknologi, Lingkungan Ekologi, Lingkungan Bahasa, Lingkungan Sosial Budaya, dan Lingkungan Ekonomi.

Dengan mempelajari lingkungan yang saling berkaitan dengan usaha bisnis kita dengan baik maka anda setidaknya punya modal untuk fighting dengan lawan-lawan bisnis anda yang keras dan penuh tantangan.

KATA PENGANTAR


Alhamdulillahirabbil’alamin

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, shalawat beserta salam tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad Saw sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan karya tulis dengan judul “Memulai Bisnis Dari Hobi” ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana
Dengan selesainya tugas ini penulis banyak mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, dan memberikan motivasi atau dorongan sampai dengan terselesaikannya karya tulis ini.
.Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca sebagai salah satu acuan atau petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam memulai bisnis
Penulis sadar tugas yang telah diselesaikan ini jauh dari kesempurnaan. Maka penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun, sehingga penulis dapat memperbaiki bentuk maupun isi karya tulis  ini agar kedepannya dapat lebih baik.
Semoga apa yang telah penulis kerjakan ini bisa bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya.


Sleman,   Maret 2015


Penulis





Bab I
Pendahuluan
Latar belakang
 Memulai usaha berdasarkan hobi yang  menguntungkan. Hobi adalah kegiatan rekreasi dan refreshing yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang, ternyata hobi juga tidak hanya sekedar untuk bersenang-senang saja, namun hobi juga bisa kita jadikan sebagai sebuah kemampuan untuk menghasilkan uang yang sangat melimpah. Syarat menjadikan hobi sebagai peluang usaha atau bisnis adalah anda harus memilki sifat tekun dan memperdalam suatu hobi yang anda sukai, pastikan memilih satu hobi saja untuk keperluan bisnis.

Rumusan masalah
Bagaimana cara mengembangkan salah satu hobi kita menjadi peluang usaha atau peluang bisnis ?



BAB II
ISI
Menikmati hobi setelah beraktivitas memang menjadi waktu yang ditunggu-tunggu. Melukis pada akhir pekan atau melakukan hobi fotografi pada waktu senggang menjadi kegiatan yang dapat menghilangkan penat setelah bekerja.
Kadang terlintas di pikiran jika hobi Anda bisa menjadi pekerjaan sehari-hari, tentunya akan sangat menyenangkan.Namun sayang, tak semua orang beruntung mendapatkan kesempatan itu. Ada saja aral melintang untuk dapatkan pekerjaan yang sesuai dengan hobi atau passion.
Berikut beberapa Contoh Peluang Bisnis berdasarkan Hobi yang menjanjikan:
1. Hobi Fotografi
Hobi fotografi ini juga banyak digemari oleh kalangan remaja, saat ini bisa dikatakan bahwa kamera bukan lagi barang yang mewah karena hampir semua bisa memilikinya dari kamera yang Low Class hingga High Class, namun sebuah kreatifitas itu tidak terbatas karena sebuahalat. jenis usaha yang cocok untuk hobi potografer adalah : menjadi sebuah pemotret Pro, membuka Studio, jasa editing foto dan video, cetak foto digital, pembuatan film, membuka jasa rental kamera digital dll.

2. Hobi menulis
Menulis adalah sebuah karya yang sangat menakjubkan menurut saya sendiri. karena dengan menulis kita bisa berekspresi dan berimajinasi setinggi mungkin dengan membuat suatu karya yang indah seperti kata-kata mutiara, Puisi , kata-kata bijak, kata-kata motivasi, atau sebuah tulisan yang berisikan sebuah opini-opini, dari tulisan-tulisan tersebut kita dapat diajadikan usaha seperti membuat tulisan dan dikirimkan ke surat kabar majalah dan apabila dimuat kita akan mendapatkan untung kemudian menulis buku yang apabila best seller nantinya dapat memilki harga jual yang tinggi.

3. Hobi Main game
Hobi ini mungkin dibilang hobi yang sangat populer dan banyak penggemarnya di kalangan remaja, saya sendiri pun juga memiliki hobi yang satu ini. Peluang usaha yang dapat kita ciptakan adalah membuat tempat game online disini sangat besar pasti labanya selai itu kita juga membuka persewaan CD/DVD game-game terbaru.

3 contoh diatas hanya sebagian kecil, masih banyak peluang usaha-usaha yang lain.  Berikut beberapa usaha yang harus dilakukan agar hobi kita bisa menghasilkan uang, berikut ini adalah caranya adalah :
·         Luangkan waktu lebih banyak untuk menekuni hobi Anda, dan hasilkan hasil karya dengan kualitas yang lebih baik dan kuantitas yang lebih banyak.
·         Tambah terus pengetahuan Anda, bisa melalui kursus-kursus, seminar, atau pelatihan yang berhubungan dengan hobi Anda
·         Belajar langsung dari orang–orang yang sudah ahli atau sudah sukses menjalankan hobi tersebut.
·         Tawarkan hasil karya Anda dari satu toko ke toko lain, dari satu orang ke orang lain.

Nah dalam memulai bisnis kali ini kita harus mempuyai strategi dan trik agar bisnis kita tersebut dapat berjalan dalam jangka yang panjang. Berikut beberapa strateginya

A.      Kenali pasar Anda
Sebelum memulai bisnis baru, ada baiknya Anda mencari tahu seperti apa target pasar bisnis yang akan dijalankan. Apakah pasar sasaran tersebut ada ? Jika Anda tidak melakukannya, modal bisnis yang telah dikeluarkan bisa jadi akan sia-sia.

B.     Peka dan cermat melihat peluang
Bersiaplah untuk bertemu dengan pasang surut dunia bisnis. Apa yang terjadi di sekeliling kita, apakah bisa memberikan efek terhadap bisnis yang sedang Anda jalankan. Apalagi, kondisi keuangan bisnis akan sangat dipengaruhi oleh beberapa hal tersebut.

C.     Jangan Terburu-buru
Karena pada awalnya Andalah yang akan menjalankan bisnis, cermatilah perihal waktu. Jangan langsung paksakan diri untuk mencari keutungan sebanyak-banyaknya dengan mengambil order pekerjaan yang akan sangat menyita waktu pada saat bisnis Anda baru saja dimulai.

D.    Rencanakan Bisnis dengan tepat
Sekecil atau sebesar apapun bisnis Anda, membuat rencana bisnis sangatlah penting. Selain bisa mengenal pasar sasaran, Anda pun jadi  tahu siapakah yang menjadi kompetitor bisnis dan akhirnya dapat menentukan harga jual yang cocok serta bersaing.




BAB III
PENUTUP
Kesimpulan                                                                                
Menekuni pekerjaan dari sebuah hobi dapat memberi kepuasan tersendiri bagi kebanyakan orang dalam melakukan pekerjaannya. Menikmati dan menekuni pekerjaan sangat diperlukan demi kualitas dari hasil bisnis yang kita lakukan.
Seorang pebisnis harus memiliki pemikiran yang kreatif dan inovatif untuk mendapatkan hasil yang maksimal agar nantinya tidak ada kendala dalam membuka usaha dan pemilihan bisnis yang tepat dengan modal yang dimiliki oleh calon wirausahawan.
Peluang usaha atau bisnis yang telah di ambil tentu akan memiliki konsekuensi bagi pengambil keputusan. Jika berhasil dapat dikatakan mendapat keuntungan, namun jika gagal maka itu bagian dari resiko yang harus di hadapi. Namun demikian, hal itu dapat dijadikan pengalaman yang sangat berharga.

Saran
Dari karya tulis ini, penulis mempunyai saran untuk pembaca:
       Kembangkan ide dan kreatifitas yang kita miliki agar tercipta sebuah inovasi baru yang dapat bermanfaat untuk masyarakat. Ide dan inovasi tersebut dapat menjadi awal berwirausaha atau bisnis kita dan akan berkembang menjadi sebuah lapangan pekerjaan. Apabila menjadi seorang pebisnis jangan takut untuk gagal dan  harus mempunyai semangat yang tinggi untuk mencobanya lagi, karena untuk sukses besar itu perlu usaha yang besar juga.

DAFTAR PUSTAKA

http://suhaili-diary.blogspot.com/
http://brighterlife.co.id/




Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

MY SCHOOL

STIMIK AMIKOM Yogyakarta
 

Copyright © 2015. Hobiku Bisnisku Juga - All Rights Reserved

Powered by Blogger